Sabtu, 22 Juni 2024

Denda Telat Bayar Pajak Motor 1 Tahun Berapa?


Denda Telat Bayar Pajak Motor 1 Minggu Berapa - Saya mau bikin pengakuan jujur hehehe ... bahwa saya telat bayar pajak motor sudah satu tahun. Kena denda dong? Iya lah pastinya, lha wong telat dua hari saja sudah kena denda sama dengan sebulan. Apalagi saya telat satu tahun ya kan?


Denda Telat Bayar Pajak Motor 1 Tahun Berapa
 Denda Telat Bayar Pajak Motor 1 Tahun Berapa?


 

Pertanyaannya berapa denda telat bayar pajak motor? Tenang, denda telat bayar pajak motor atau mobil sudah tertulis dalam Undang-undang Nomor28 Tahun 2009, mengenai Pajak Daerah dan Retribusi. Hanya saja besaran dendan dan cara bayar denda pajak motor masing-masing daerah berbeda. Bisa jadi ada selisih, tidak bisa disama ratakan. Namun saya akan menguas besaran denda pajak motor, yang diberlakukan pada samsat.jogjaprov.go.id. Berapa ya kira-kira yang akan dikenakan untuk saya, karena telat 1 tahun, hehehe ....

 

Beberapa Alasan Orang Telat Bayar Pajak Motor

 

Setiap orang pasti memiliki alasan terlambat membayar pajak, tetapi kita tidak perlu menyalahkan orang lain atas keterlambatan tersebut karena pastinya mereka memiliki alasan tersendiri.

 

1. Sibuk

Kesibukan seseorang menjadi penyebab salah satu mereka telat untuk membayar pajak, tetapi sekarang semua bisa disiasati dengan menggunakan fasilitas Samsat Online, jadi tidak ada lagi yang namanya telat membayar.

 

2. Lupa

Yes, tidak ada manusia yang luput dari lupa, termasuk telat membayar pajak kendaraan. Apalagi nih, kalau motor atau mobilenya lebih dari satu ya kan? Alangkah lebih baiknya kita memasang alarm atau melingkari kalender, pun membuat catatan kecil kapan jatuh tempo.

 

3. Pemilik kendaraan bukan anda sendiri

Ini saya alami sendiri, saya membeli kendaraan second karena masih bekerja mengingat budget terbatas. Sampai sekarang data belum saya pindah ke data milik pribadi saya, karena harus mengurus banyak dokumen dan saya harus mudik. Ini yang menjadi salah satu telat membayar hehehe ... karena membutuhkan data pemilik lama.

 

4. Belum cukup uang

Dalam hidup memang membutuhkan uang sebagai alat tukar untuk mendapatkan sesuatu, makanya harus pandai membagi kebutuhan. Jaman masih single dan belum memiliki anak, saya selalu ontime tapi semenjak memiliki anak dan kebutuhan juga meningkat hal tersebut membuat saya telat membayar pajak kendaraan bermotor. PR banget tahun ini bisa menyisihkan dana untuk bisa membayar pajak.

 

Nah, yuk bantu menghitung berapa denda telat bayar pajak motor 1 tahun, karena saya telat satu tahun.

 

 

Simulasi Perhitungan Denda Telat Bayar Pajak Motor

 

Simulasi Perhitungan Denda Telat Bayar Pajak Motor


Simulasi Perhitungan Denda Telat Bayar Pajak Motor



 

Mari kita hitung denda pajak motor dari 2 hari sampai dengan 3 tahun. Demikian perhitungannya:

 

  • Denda telat 2 hari - 1 bulan adalah 25% x PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)
  • Denda telat 2 bulan : adalah 25% x PKB x 2/12 + denda SWDKLLJ (sumbangan wajib dana kecelakaan lalu-lintas jalan)
  • Denda telat 1 tahun : adalah 25% x PKB x 12/12 + denda SWDKLLJ (sumbangan wajib dana kecelakaan lalu-lintas jalan)
  • Denda telat 3 tahun : adalah 25% x PKB x 36/12 + denda SWDKLLJ (sumbangan wajib dana kecelakaan lalu-lintas jalan)

 

Untuk besaran SWDKLLJ motor Rp32.000,- sementara mobil Rp.100.00,-

Jika saya telat 1 tahun maka berapa denda yang harus saya bayar? Karena setiap besaran PKB setiap motor berbeda, maka kita bisa melihat milik kita pada di lembar STNK motor yang kita miliki.

 

Anggaplah besaran PKB milik saya Rp200.000,- (sudah biaya pokok dan sanksi adm)

Denda telatnya 1 tahun  adalah 25% x PKB x 12/12 + denda SWDKLL

Maka hitungannya:

25% x 200.000 x 12/12 + Rp32.000 = Rp82.000,-

Total pajak yang harus dibayarkan agar lunas berarti : PKB+denda, yakni : 200.000+82.000 = 282.000,-

 

Nah, mudah bukan? Jadi kita punya ancer-ancer dana yang harus disiapkan pada pembayaran besok. Kamu telat juga? Coba hitung dengan cara di atas.

 
Meski Lupa Bayar Pajak Jangan Lupakan untuk Memerhatikan Kesehatan Motor ya?


Denda Telat Bayar Pajak Motor 1 Tahun Berapa


 

Karena biaya menjaga kesehatan motor tidak sebesar pajak dan ganti plat nomor. Jadi untuk service, mengganti oli dan ganti kanvas rem lakukan dengan rutin sebulan sekali ya?

 

Saya kasih bocoran nih, bahwa harga yang hemat serta aman dikantong adalah di Planet Ban. InsyaAllah di setiap kota sudah ada Planet Ban, di daerah saya sendiri untuk menemukan Planet Ban membutuhkan waktu 30 menit, karena letaknya yang ada di daerah kota.

 

Denda Telat Bayar Pajak Motor 1 Tahun Berapa?
4/ 5
By

10 komentar

  1. Wajib dicatet nih tapi semoga gak sampe telat sih bayar pajaknya

    BalasHapus
  2. Kalo bisa jangan sampai telat bayar pajak kendaraan ya.... Soalnya pasti ada dendanya

    BalasHapus
  3. Wah baru tahu ada simulasi pajaknya juga ya. Kalo denda gitu, berarti pemilik lama udah ga bayarin ya.

    BalasHapus
  4. Wah, ternyata relatif terjangkau juga ya untuk biaya telat pajak. Memang untuk menghindari telat pajak perlu alokasi dana jauh-jauh hari agar aman dari telat bayar pajak kendaraan.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Nah..aku nih yg takut telat karena orangnya pelupa haha .. Jadinya harus selalu pasang alarm di HP atau catat di kalender hehe... Thx sharing nya ya

    BalasHapus
  7. Baru tau banget nih biaya telat bayar pajak. Selama ini selalu diingetin bapak buat bayar pajak. Makasih infonya, Nyi

    BalasHapus
  8. Aku kemarin baca katanya sekarang gak ada denda telat bayar pajak motor, tapi entah benar atau gak ..salam hangat ya Nyi ..

    BalasHapus
  9. Wah ternyata seperti itu ya penyebab telat bayar pajak, hampir sama yang aku alami hehe.

    BalasHapus
  10. Kalau rutin bayar pajak motor jadi nggak khawatir kalau ditilang polisi. Surat-surat kendaraan legal dan aman. Kalau mau dijual juga nggak nyusahin yang beli.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon